Isnin, Mac 14, 2005

Kisah Aki Zaki dan Udin

Suatu malam sekitar pukul 1 pagi dini hari. Aki Zaki sedang asyik nongkrong di warung dekat rumahnya sambil menikmati satu batang filter plus kopi ABC susu. Aki Zaki adalah orang yang lugu, miskin dan sepanjang hidupnya hanya mempunyai satu masalah yang krusial, masalah ekonomi. Sebenarnya umur Aki Zaki tidak terlalu tua, panggilan “Aki” sudah dimakluminya sejak umur kira-kira 18 tahun karena perawakan badannya yang kurus, tinggi dan agak bungkuk. Umur sebenarnya kira-kira hanya empat puluhan. Tapi sebenarnya tidak ada yang tahu persis umur Aki Zaki sesungguhnya. Soalnya orang tuanya adalah orang kampung yang sangat ngampung sampai-sampai kelahiran anaknya hanya diukur dengan patokan pohon mangga di depan rumah.

Ada satu perubahan sejak bulan kemarin pada diri Aki Zaki. Kerut-kerut di pipi aki Zaki belakangan ini terlihat bertambah. Maklum keputusan pemerintah menaikan harga BBM, rupanya memiliki dampak yang cepat dia rasakan sekarang ini. Dia kesal sekali dengan keputusan tersebut.

“harga BBM langsung naek, tapi kok sekolah kagak langsung gratis. Udeh gitu kalo gue ke puskesmas juga belum gratis. Pan gue sakit juga jarang-jarang” pikirnya.

“Bego kali ya pemerintah? Gue itung-itung ongkos gue yang tadinye cukup 5000 sehari, sekarang naek jadi 7000 rupiah sehari. 2000 gue kali 25, jadi 50000 dong naeknya sebulan. Trus, anak gue yang paling kecil masih aja tuh bayar sekolah. Sayuran juga naek, beras naek, eh, katanya listrik mau naek lagi. Waduh bisa berabe gue. Ah , bo’ong aje tuh iklan-iklan di tipi. Ngepet. Biar kagak sekolahan gini, gue juga tahu kalo dibo’ongin” Pikirnya lagi.

“Setress! Setress!…” Aki berteriak sendirian.

“Ada apa Ki?” tanya Nur si tukang warung.

“kagak napa nur. Gue cume puyeng aja gimane tetep bisa ngidupin keluarga gue”

kemudian samar-samar dari jauh, terlihat bayangan anak muda sedang berjalan ke arahnya.

“Siapa ye, pagi buta gini baru balik. Tapi gue liat mirip banget ama anak gue Udin.” Pikirnya.

Anak muda tersebut makin dekat dan benar itu si udin anak Aki yang ke empat.

“Eh, udin, ngapain aja lo jam segini baru balik? Dasar anak kagak tauk diri!”

“Abis demo soal ‘ambalat’ Be. Anak babe ini kan nasionalis kaya almarhum Bung Karno.”

“Alaah elo ngeluyur terus, mendingan lo cari obyekan buat biaya sekolah adek-adek loe. Emang lo tauk apa yang elo demoin?”

“Tauk dong Be, udin kan udeh pinter be. Yang namenye ada orang ngerebut pekarangan kite, mesti kite tampol Be.”

“Tompal - tampol , tompal – tampol. Sok jagoan lo.”

“Yeeee Babe, yang namenye prinsip dan kedaulatan harus kita jaga be. Masa kite diem aja.”

“Iye , babe ngerti. Kalo rumah babe diambil orang, babe juga belain mati-matian.”

“Nah gitu dong be, kite harus nasionalis.”

“Kalo masih jamannya Bung Karno, babe mau deh nasionalis. Tapi hari gini loe masih nasionalis? Katanya loe anak sekolahan?”

“Ah babe, kagak ngerti jiwa muda. Jiwa membela bangsa. Jiwa yang tulus.”

“Lah elo lagak-lagaknya ngajarin gue, emang gue gak pernah mude ape.”

“Iye , iye be. Tapi gini be, menurut informasi yang aye denger, perairan ambalat itu mengandung cadangan minyak yang bisa nyukupin kite 30 taon ke depan. Makanya demi kesejahteraan bangsa ini, kite kudu jagain tuh perairan ambalat.”

“Walah , gue mah gak peduli 30 taon kek, 20 taon kek. Loe liat kan harga BBM tetep aja naek. Yang penting buet gue nih. Elo, adek-adek loe dan emak loe bisa makan. Kalo kate kakek loe dulu, yang penting dapur bisa ngebul tiap ari. Kalo pemerintah janji bakal nurunin harga BBM buat kesejahteraan kite, gue mah setuju aje elo ikut demo, toh babe loe kagak jadi puyeng kayak gini. Tapi din, loe liat aje ntar kalo menang, ape pemerintah bakal mikirin kite-kite yang miskin ini?”

“Iye juga be. tapi katanye keputusan pemerinte kan buat 10 sampe 30 taon ke depan, mana mungkin bisa dirasain sekarang-sekarang.”

Suasana hening sebentar.

“Coba din, gue punya atu pertanyaan.”

“apa be?”

“presiden dipilih tiap berape taon din?”

“lima taon be.”

“trus berarti dalam 30 taon ke depan barapa kali ganti presiden?”

“5 ampe 6 kali be.”

“Trus, sape yang jamin 30 taon ke depan kite bakal sejahtera?”

“Babe kali, hehehe” si udin ketawa ngakak.

“Sialan loe , makin kurang ajar aje jadi anak. Gue kepret lo.” , aki mengangkat tangan kanan nya.

“Be, emang yang namanya ke depan tuh kagak pernah ada jaminannya.”

“nah, lo tauk tuh.”

“Cume, siapa tauk aje, bisa bener-bener terjadi be.”

“Suseh din, suseh, dari dulu, kalo udeh ganti presiden, gantik kebijakan, ganti oli, ganti rugi, ganti macem-macem deh din, termasuk ganti harga, sukur-sukur kalo turun, kalo naek, kapan turunnya din?”

“Yah, tungguin aje 30 taon lagi.”

“Bego lo! 30 taon lagi gue dah jadi tanah kali din. Kan dah gue bilang , buat gue mah nyang penting elo pada cukup makan, bisa sekola, kagak sakit-sakitan.”

“Ya udeh, kalo ga mau nunggu 30 taon lagi, jadi tanah aja sekarang hehehe.” Si udin becanda lagi.

“Sialan lo, malah nyumpahin gue. Udah sono pulang, emak lo dah nungguin tuh.”

“Suseh kalo ngomong ama babe. Kagak pernah tauk nyang namanya prinsip.” Langsung pulang ke rumah.

3 ulasan:

perkasa - jem berkata...

Thank you friend for the comments... iya nih, gue lagi latihan nulis cerpen kaya elo2 pada, ini gara2 gue beli rokok di warung deket rumah, eh ketemu bapak-bapak asli cinere, trus ngobrol2... tauk2 terinspirasi aja bikin cerita, walaupun tema yg di cerita ga ada hubungannya sama obrolan gue hehehe :)

lowercaser berkata...

haha.. lu bisa nulis yg kocak2 juga ya jem..

dialog2 betawinya itu lho. keren! tul kata kata si chariot. mirip tulisan2 kolumnis pos kota.

perkasa - jem berkata...

LAH PAN gue lahir di BETAWI Nit hehe